Tanggal 19 April 2022 Hari Apa? Hari Hansip Nasional, Ini Sejarah Hansip dan Peristiwa Penting Lainnya

 




Tanggal 19 April 2022 hari apa? Peringatan nasional Hari Pertahanan Sipil yang telah ditetapkan sejak bertahun-tahun lalu.

Tanggal 19 April 2022 memperingati Hari Hansip atau Pertahanan Sipil yang kini telah berubah nama menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat).

Simak sejarah Hari Hansip yang diperingati pada 19 April 2022 yang bertepatan dengan hari Selasa minggu ketiga di bulan ini.

Dikutip dari laman situs Kabupaten Kutai Kertanegara, tanggal 19 April adalah bakal berdirinya Hansip yang dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 128 Tahun 1962 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Koordinasi dan Pengawasan Pertahanan Sipil (Hansip) dan Perlawanan Rakyat (Wanra).

Selain Keppres tersebut, adapula Keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan Nomor MI/A/72/62 tanggal 19 April 1962 tentang Peraturan Pertahanan Sipil yang akhirnya ditetapkan sebagai Hari Hansip Nasional.

Hansip sebagai bentuk keikutsertaan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan.

Di tahun 2002, nama Hansip diganti istilah menjadi Linmas atau Perlindungan Masyarakat.

Tugas Linmas sama dengan sebelumnya yakni membantu dalam pengamanan lingkungan, seperti membina ketertiban masyarakat dan sosial masyarakat.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama